Trik Murah dan Mudah Untuk Merawat Rantai Motor

Rantai adalah bagian terpenting pada setiap kendaraan roda dua. Perlengkapan ini mempunyai fungsi yang sangat vital yakni menghubungkan roda dengan mesin sampai motor bisa melaju. Makanya, rantai perlu dirawat dengan baik agar awet dan tahan lama. Mengingat, rantai adalah alat untuk menggerakkan kendaraan. 
(foto: merdeka.com)
Mempunyai kendaraan roda dua yang menggunakan rantai, tentunya kamu  harus berhati-hati dan merawatnya dengan benar. Rantai motor yang tak terawat biasanya akan menimbulkan bunyi yeng kedengarannya sangat bising di telinga. Kondisi motor yang seperti tidak hanya mengganggu orang lain, tapi juga konsentrasi saat mengendarai motor.

Baca Juga:
Liburan ke Pulau Ini, Dapat Kredit Sebesar Rp 4 Juta
Destinasi Wisata Gili Air di Lombok
Wisata Lembah Harau di Sumatera Barat

Selain mengganggu, rantai motor yang berbunyi bising sekali bisa sebagai tanda kalau rantai mempunyai gangguan yang serius dan butuh penanganan yang cepat. Jika tidak, motor mungkin saja menjadi mogok atau berpengaruh pada perangkat lainnya, sehingga menimbulkan kerusakan yang sangat serius. Berikut cara merawat rantai motor dengan benar: 

1. Pelumasan, rantai akan berfungsi dengan baik jika terjaa pelumasannya, gunakanlah pelumas yang berkualitas dan disarankan. 
2. Hati-hati dalam pengaturan perpindahan gigi. Perpindahan gigi yang tidak tepat bisa merusak rantai. 
3. Perhatikan setelan rantai. Luangkan waktu sebentar untuk melakukan pengecekan setelan rantai. 
4. Rawatlah secara rutin setidaknya 1-2 kali dalam sebulan, jangan lewatkan itu. 

Itulah cara merawat rantai motor yang baik dan benar, sehingga tahan lama. (ant)

Share on Google Plus

About eM eN

0 comments:

Post a Comment