Persamaan dan Perbedaan LCD TV dan LED TV

Teknologi media visual semakin berkembang pesat, khususnya teknologi televisi atau populer dengan singkatan “TV”, dulu ketika televisi pertama kali dibuat dengan menampilkan warna hitam dan putih atau yg sering dikenal dengan tv hitam putih. Orang yang beruntung mempunyai tv ini pasti org yg benar - benar tajir atau yang berdompet tebal. Setelah era layar hitam putih lewat, ilmuan berhasil mengembangkan teknologi tv dengan memproduksi tv berlayar warna agar gambar yg dihasilkan lebih hidup.

Di era saat ini televisi yang sering kita jumpai di toko - toko elektronik dan diberbagai tempat seperti ruang tunggu atau tempat umum lainnya, selalu disediakan tv layar datar yang bentuknya tipis dan menghasilkan gambar dengan warna yang lebih tajam jernih, dan juga sangat menghemat penggunaan ruang dengan bentuknya yang slim.

Berbicara tv yang mempunyai bentuk lebih ramping dengan menggunakan layar yang datar, itu sudah bisa dipastikan berkaitan dengan LCD TV atau LED TV. Mungkin kalian ada yang  penasaran dengan jenis tv ini kenapa ada dua nama apakah ada perbedaan atau malahan sama saja hanya beda namanya saja?

Sekarang kalian tidak perlu bingung lagi dengan kedua istilah tersebut, karena sangat mudah untuk mengetahui nya, kalian cukup datang toko elekronik yang jual LCD TV atau yang jual LED TV, kemudian tanyakan perbedaanya.  Simple (kata pak Jokowi)

Sedangakan bagi kalian yang tidak ada kesempatan bertanya ke toko elekrtonik saya akan berikan jawabannya sekarang.

Sekilas kedua jenis tv ini sama saja dan seakan tidak ada perbedaan karena dari segi bentuknya memang sangat mirip dengan layar yang datar dan sama sama slim. Coba lihat contoh LCD TV dan LED TV di bawah ini.
LCD TV                                                                                                 LED TV
Dari segi bentuk yang tampak oleh mata kita, kedua jenis tv ini hampir sama dengan desain yang slim, persamaan yang lain dari penghasil gambar dan warna pada LCD TV dan LED TV masih menggunakan teknologi yang sama dan cara kerja kedua jenis tv ini juga tidak jauh berbeda yaitu sama sama menggunakan teknologi Liquid Crystal Display, hal ini sangat beralasan karena LED TV merupakan hasil pengembangan terbaru dari LCD TV.

LED TV dikembangkan untuk menyempurnakan kelemahan - kelemahan yang ada pada LCD TV dan hal itu yang akan menjadi pembeda dari kedua jenis tersebut.  LCD TV dan LED TV sama sama menggunakan layar yang tipis dengan teknologi Liquid Crystal Display, yang membedakan dari kedua jenis tv tersebut adalah sumber cahaya yang terdapat dibelakang layar atau yang disebut dengan sistem backlight pada tv. LED TV menggunakan lampu neon sedangkan LED TV menggunakan Light Emitting Dioda sehingga tv yang memakai teknologi ini disebut LED TV.

Sistem backlight yang digunakan LED TV diakui lebih unggul, karena cahaya yang dihasilkan oleh LED TV membuat mata tidak mudah perih dibandingkan dengan LCD TV, LED TV lebih hemat daya kira kira 50-70%, Light Emitting Dioda yang digunakan LED TV lebih awet dibandingkan dengan lampu neon yang dipakai oleh LCD TV. Secara garis besar kualitas LED TV lebih ungul dari pada LCD TV, tetapi untuk harga memang diakui LED TV lebih mahal dari pada LCD TV.

Demikian ulasan tentang LCD TV dan LED TV yang admin bisa tulis pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Pleasa Share!
Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 comments:

Post a Comment