Inilah 8 Kriteria Rumah Tinggal yang Ideal


Memiliki sebuah rumah sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung, merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Apalagi jika rumah yang kita tinggali sekarang merupakan rumah ideal. Siapa yang tidak ingin rumah ideal? Rumah ideal tidak selalu identik dengan tampilan yang menarik, harga yang mahal dan sebagainya. 

Kriteria Rumah Tinggal yang Ideal
Kriteria Rumah Tinggal yang Ideal
Syarat rumah ideal tidak dilihat dari tampilan, luas bangunan atau desain yang menarik. Rumah ideal bisa dilihat secara teknis dan matematis. Ada baiknya kita memahami secara umum apa saja kriteria rumah ideal yang harus diperhatikan. Dengan begitu Anda dapat menciptakan rumah ideal bagi seluruh penghuninya. 

1. Fondasi kuat 
Fondasi atau struktur bangunan yang kuat merupakan syarat utama bagi rumah ideal. Konstruksi bangunan rumah Anda haruslah kuat, hal itu sangat penting untuk melindungi seluruh penghuni rumah dari bahaya runtuh. Pastikan untuk mengecek setiap bagian rumah sebelum membelinya atau pastikan tukang bangunan yang Anda pekerjakan melakukan pekerjaannya dengan baik. 

2. Bangunan tahan lama
Mendirikan suatu bangunan harus direncanakan mempunyai umur yang panjang. Mendapatkan rumah yang tahan lama, Anda harus memperhatikan pemakaian bahan-bahan material yang digunakan memiliki mutu yang berkualitas. Selain bahan yang berkualitas, proses pengerjaan pembangunan juga perlu diawasi. Dengan begitu para pekerja tukang bangunan akan melaksanakan pekerjaan yang benar sesuai prosedur. 

3. Lokasi yang strategis 
Syarat rumah ideal juga bisa ditentukan dari lokasi strategis bangunan rumah tersebut. Berada di lokasi yang cukup strategis dapat memudahkan Anda untuk berpergian dan mencari kebutuhan Anda. Perhatikan lokasi rumah Anda, apakah cukup strategis sehingga Anda dapat dengan mudah menjangkau berbagai sarana atau tempat-tempat umum. 

4. Sirkulasi udara yang baik 
Sirkulasi udara yang baik didalam rumah merupakan syarat rumah ideal lainnya. Pastikan rumah Anda memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. Rumah ideal seharusnya memiliki jendela sebagai sirkulasi udara yang memadai. Dengan begitu, rumah Anda akan terbebas dari keadaan lembab, sumpek dan pengap. 

5. Saluran pipa memadai 
Saat membangun atau membeli rumah, beberapa orang mengabaikan saluran pipa yang ada. Sebab mereka beranggapan masalah ini bisa diperbaiki dikemudian hari. Padahal, masalah pada saluran pipa tidak hanya sebatas kebocoran. Melainkan adanya jamur atau bakteri yang dapat mengganggu kesehatan seisi penghuni rumah. Perhatian saluran pipa pada rumah sebelum membeli atau membangunnya. 

6. Keindahan tampilan rumah
Bentuk bangunan baik eksterior maupun interior yang menarik tentu membuat tampilan rumah enak dipandang. Selain itu, faktor keindahan tampilan rumah juga dapat memberikan kenyamanan tersendiri bagi penghuninya. Hal ini membuat nilai bangunan tersebut melambung tinggi. 

7. Memberikan kenyamanan di dalam rumah
Banyak faktor yang dapat menciptakan kenyamanan dalam rumah. Salah satunya desain interior atau dekorasi ruangan. Kenyamanan dalam rumah bisa kita ciptakan dengan desain interior atau dekorasi yang memadai. Rumah yang ideal memang sebaiknya memberikan kenyamanan bagi seluruh penghuninya. Dengan begitu, Anda akan merasa betah untuk tinggal di rumah. 

8. Memiliki kriteria rumah sehat 
Rumah yang sehat merupakan syarat penting dari rumah ideal. Sehat dalam hal ini yaitu dengan memperhatikan kebersihan lingkungan. Rumah sehat meliputi sanitasi yang tepat serta sirkulasi yang baik. Rumah yang sehat juga mementingkan kebersihan sebagai faktor utama. Dengan rutin membuang sampah dan menjaga kebersihan seisi rumah, Anda bisa menciptakan rumah ideal. 

Itulah 8 kriteria rumah tinggal yang ideal yang dapat dijadikan referensi untuk rumah Anda. Apakah rumah Anda sudah tergolong dalam kriteria rumah ideal diatas? Yuk ciptakan hunian yang ideal bagi selutuh penghuni rumah agar terjamin kenyamannya. Semoga bermanfaat. 

Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 comments:

Post a Comment