by

Seluk Beluk Paylater dan Tips Penggunaan Agar Aman

Sekarang ini sudah banyak aplikasi belanja online yang dapat memenuhi kebutuhan kita tanpa harus pergi ke luar rumah. Anda hanya perlu memesan secara online dan barang apapun akan diantar ke tempat tinggal Anda. Untuk pembayaran biasanya juga memakai banyak metode, mulai dari transfer bank, e-wallet bahkan bisa juga menggunakan paylater.

Sebagian besar masyarakat sudah memahami apa itu paylater, tapi ada pula sebagian yang masih kurang mengerti dengan fitur satu ini. Paylater sendiri salah satu fasilitas yang diberikan agar Anda bisa belanja dulu tapi bayarnya belakangan dengan menggunakan sistem angsuran setiap bulan.

Sehingga Anda tak perlu bingung apabila membutuhkan suatu barang dalam kondisi mendesak, karena bisa membeli barangnya terlebih dahulu kemudian membayar sesuai harga barang tersebut dengan mengangsur setiap bulannya sesuai jangka waktu yang disepakati.

Tentu saja, setiap aplikasi yang menyediakan metode pembayaran paylater ini mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda terhadap para penggunanya. Jadi, Anda harus memahaminya dengan baik sebisa mungkin agar tidak salah saat menggunakan fitur tersebut.

Kenapa Tidak Bisa Menggunakan Fitur Paylater?

Beberapa aplikasi memang menyediakan fitur paylater terhadap para penggunanya, akan tetapi tidak semua pengguna mendapatkan fitur tersebut dengan cuma-cuma. Tentu ada syarat dan ketentuan khusus yang membuat fitur ini muncul di aplikasi. Adapun beberapa alasan kenapa fitur ini tidak muncul sama sekali di antaranya adalah:

1. Kurang Sering Bertransaksi

Sebagian orang memang tak begitu sering melakukan transaksi di salah satu aplikasi belanja online. Sehingga hal ini membuat fitur paylater tidak dapat dimunculkan. Namun, apabila sudah sering bertransaksi maka fitur tersebut akan muncul dengan sendirinya. Jadi, Anda tak perlu bingung dan khawatir.

2. Belum Update Versi Terbaru

Penting sekiranya bagi Anda untuk melakukan update terhadap aplikasi dengan versi terbaru. Hal ini karena biasanya fitur-fitur anyar akan muncul saat aplikasi sudah di update lewat Play Store atau App Store. Sehingga apabila Anda sudah sering transaksi di salah satu aplikasi belanja, kemudian tidak mendapatkan fitur paylater maka cobalah untuk meng-update aplikasinya lebih dulu.

3. Akun Terbilang Masih Baru

Akun yang baru tidak bisa mendapatkan fitur paylater dari beberapa aplikasi, jadi sebaiknya Anda memang meningkatkan dulu transaksi yang terjadi secara rutin supaya fitur satu ini dihadirkan. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi dan sebagainya agar aplikasi percaya pada akun Anda.

Tips Menggunakan Fitur Paylater Untuk Keperluan Belanja Online

Saat menggunakan fitur paylater, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting supaya nantinya tidak melakukan kekeliruan. Adapun tips tersebut dapat membantu mempermudah Anda dalam aktivitas belanja online. Lantas, apa saja tipsnya?

1. Memahami dengan Baik Aturan Paylater

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa setiap aplikasi memiliki aturan yang berbeda dalam menghadirkan fitur paylater ini. Mulai dari metode pembayarannya, limit dana, biaya yang dibebankan dan lain sebagainya. Jadi, sebelum Anda mulai menggunakan fitur ini alangkah baiknya jika dibaca dan dipahami dengan benar.

Anda bisa bertanya kepada customer service alias call center pada aplikasi yang bersangkutan jika ada hal-hal yang susah dipahami. Anda juga bisa membaca banyak informasi yang beredar tentang metode pembayaran paylater ini agar semakin tahu tentang sistem dan caranya.

2. Pastikan Penggunaannya Sesuai Kebutuhan

Ya, metode paylater kadang membuat sebagian besar orang merasa kalap dan akhirnya membeli segala macam barang yang mereka inginkan. Padahal, barang tersebut sebenarnya bukanlah kebutuhan yang amat penting. Sehingga, tips selanjutnya yang harus Anda perhatikan betul ialah memastikan bahwa barang yang dibeli memang sesuai kebutuhan saat itu.

Membeli barang menggunakan metode paylater sesuai dengan kebutuhan bisa menjadikan Anda terhindar dari kebiasaan menghambur-hamburkan uang. Dengan begitu keuangan Anda tetap stabil dan terjaga dengan baik daripada hanya menuruti keinginan yang tidak terlalu penting.

3. Melunasi Tagihan Tepat Pada Waktunya

Saat memakai paylater, itu artinya Anda setuju untuk mengangsur setiap bulannya sesuai dengan nominal yang Anda belanjakan di aplikasi belanja online. Nah, tentu saja Anda harus bisa membayar angsuran tersebut tepat pada waktunya supaya tidak terlalu membebani diri.

Sebab, ada beberapa aplikasi paylater yang justru membebankan denda apabila pengguna telat membayar dari tanggal jatuh tempo yang sudah disepakati bersama. Denda tersebut pun nominalnya berbeda-beda. Namun, jika tidak segera dilunasi maka akan menumpuk dan membuat Anda kebingungan sendiri.

4. Manfaatkan Promo Pada Fitur Paylater

Perlu Anda ketahui bahwa kadang paylater juga menyediakan berbagai macam promo menarik. Jadi, Anda bisa mendapatkan semacam diskon atau bahkan cashback apabila memakai paylater sebagai metode pembayaran. Pastinya berbagai promo menarik tersebut dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran yang terjadi.

Namun, satu hal yang harus diperhatikan ialah Anda harus benar-benar membeli barang yang dibutuhkan. Meskipun ada promo pada paylater, tapi jika Anda tidak membutuhkan barangnya maka tak perlu tergiur memakainya terlebih dahulu.

Carilah promo pembelian menggunakan paylater yang memang barangnya Anda butuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Anda juga harus sigap dalam mencari informasi terkait promo paylater supaya tak ketinggalan.

5. Pilih Layanan Paylater di Aplikasi Legal dan Resmi

Aplikasi yang menyediakan fitur paylater biasanya berizin OJK dan itu artinya resmi. Bisa Anda gunakan dengan aman asalkan Anda mematuhi segala syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Jangan sekali-kali memilih opsi paylater pada aplikasi yang tidak ada izin resminya, karena ini akan menyulitkan diri sendiri.

Bijak Kelola Keuangan dengan Cashbac Easypay

Bicara tentang paylater, Anda bisa mencoba aplikasi Cashbac yang mana di dalamnya sekarang ada fitur Cashbac Easypay. Dengan adanya fitur paling baru ini, maka Anda bisa membeli apapun barang yang dibutuhkan dan membayarnya secara bertahap selama 4 bulan angsuran.

Namun, selain kemudahan ini, nyatanya Cashbac Easypay juga menyediakan berbagai kemudahan lainnya bagi para pengguna. Adapun kemudahan yang dimaksud seperti misalnya:

  • Proses registrasi yang tak membutuhkan waktu lama alias sangat cepat dan mudah.
  • Budget untuk belanja bisa mencapai jutaan rupiah.
  • Metode angsuran 4 bulan yang sangat ringan, bisa membuat Anda mengatur keuangan dengan baik.
  • Tak ada biaya tambahan sama sekali.
  • Adanya bonus poin rewards 1% untuk pembayaran angsuran yang tepat waktu.
  • Tidak ada biaya admin saat melakukan pembelanjaan dan juga tidak ada denda jika terlambat.

Dari sekian banyak kemudahan di atas, Cashbac Easypay membantu Anda dalam mengelola keuangan setiap bulannya. Karena Anda akhirnya bisa fokus dalam memperhatikan kebutuhan-kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya. Cashbac Easypay mempermudah Anda untuk belanja barang kebutuhan walaupun budget yang dimiliki sangat pas-pasan.

Tentu fitur Cashbac Easypay ini sangat membantu, terutama jika Anda membutuhkan dengan cepat barang yang dimaksud. Kemudian Anda bisa membayarkan angsuran selama 4 bulan berturut-turut untuk meringankan sedikit keuangan Anda. Anda bisa memperhitungkan dengan bijak pengeluaran dan tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik.

Cashbac Easypay memang punya banyak promo, jadi jangan sampai ketinggalan dan buruan download aplikasinya untuk menikmati promo menarik tersebut!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed