by

Atasi Masalah Bisnis dengan POS Laundry

Usaha laundry menjadi salah satu jenis bisnis yang diminati oleh para pengusaha, dimana memulai usaha ini dapat dilakukan dengan modal yang sedikit. Namun bukan berarti usaha laundry tidak memiliki masalah dalam berlangsungnya operasional laundry.

Sebagian besar masyarakat juga mengandalkan jasa laundry untuk memenuhi kebutuhan membersihkan pakaian atau barang lainnya yang tidak bisa dicuci sendiri. Karena minat yang tinggi terhadap laundry, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna laundry untuk menjalankan bisnis ini.

Sehingga anda perlu menjaga kualitas laundry dengan mengatasi masalah-masalah yang kerap terjadi ketika menjalankan usaha laundry. POS laundry dapat menjadi solusi untuk mengatasi kendala laundry. Saku Laundry merupakan salah satu POS Laundry yang dapat diandalkan dan memberi kemudahan bagi owner laundry.
Beberapa Kelebihan dari POS Laundry

1. Pencatatan Transaksi atau Order Laundry

Pos laundry merupakan salah satu solusi untuk anda yang ingin memberikan bagi owner laundry untuk transaksi yang dijalankan. Sehingga semua service yang dipilih oleh pelanggan dapat tercatat secara otomatis melalui aplikasi laundry. Adanya fitur ini juga akan memudahkan karyawan dalam menentukan service yang dipilih pelanggan.

2. Mencetak Nota Transaksi atau Print
Kelebihan POS laundry ini juga terletak pada pencetakan nota transaksi yang dapat diberikan dengan 2 metode yaitu secara manual dan via online digital receipt (nota digital). Sehingga tidak ada lagi alasan nota hilang untuk melakukan penukaran atau pengambilan laundry, tinggal cek nota digital yang sudah diberikan.

3. Pencatatan Penerimaan Pembayaran yang Lebih Mudah dan Cepat
Tidak hanya transaksi dan nota transaksi, pos laundry ini juga memberikan kemudahan dan kepraktisan dari segi pembayaran transaksi laundry. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan QR Code.

4. Pencatatan operation mesin

Pencatat operasional mesin penting dilakukan untuk menganalisa sudah berapa kali mesin beroperasi selama ini. Sehingga anda dapat mengetahui kapan sebaiknya service mesin-mesin laundry dilakukan untuk mengurangi kemungkinan kerusakan yang lebih parah dapat terjadi.

5. Pencatatan database pelanggan
Pencatatan database seperti nama, alamat, nomor telepon merupakan hal yang cukup penting untuk anda lakukan. Karena melalui database tersebut anda dapat melakukan konfirmasi jika laundry sudah selesai. Selain itu, anda juga dapat melakukan follow up atau memberikan informasi jika anda mengadakan promo menarik.

6. Pencatatan operasional laundry
Selain pencatatan database, pencatatan operasional kinerja laundry juga penting untuk dilakukan demi mencegah kecurangan pegawai. Pencatatan tersebut dapat berupa kinerja mesin, kinerja karyawan, transaksi konsumen dan lainnya.

7. Laporan-laporan otomatis secara langsung dapat tersedia
Laporan ini dapat membantu analisis aktivitas outlet, mulai dari laporan pendapatan, proses laundry, Profit laundry, biaya-biaya pengeluaran, sampai Rugi Laba / Profit Loss yang dijalankan oleh outlet laundry selama ini.

8. Pencatatan Performa kinerja karyawan
Untuk mengetahui karyawan atas nama siapa saja yang rajin dan tidak rajin bekerja. Hal ini akan memudahkan owner untuk menganalisa karyawan yang bekerja.

9. Pencatatan biaya operasional laundry

Hal penting lainnya yang tidak dapat diabaikan adalah mencatat biaya operasional laundry seperti biaya gaji karyawan, biaya listrik, biaya detergent, softener, parfum, biaya gas, biaya air dan biaya-biaya lainnya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed