Mempunyai alergi tentu saja begitu menyebalkan. Kulit dapat tiba-tiba menjadi gatal dan berubah menjadi merah. Bahkan mata bisa berubah bengkak jika berhadapan pada allergen. Tetapi, Anda bisa sedikit lebih lega karena efek ini dapat diredakan dengan cara mengkonsumsi obat seperti Antihistamine. Antihistamine adalah jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis alergi. Antihistamine ini bisa mengatasi alergi makanan, serangga, alergi kulit dan alergi yang lainnya. Antihistamine dapat mengurangi reaksi yang ditimbulkan atau  bisa dikatakan sebagai cara kendalikan alergi.
(foto: wikihow.com)
Tubuh kita mempunyai zat kimia yang memiliki nama histamine. Saat zat berbahaya seperti bakteri menyeruak masuk ke tubuh, zat ini bisa muncul dan bereaksi melawan zat. Perlawanan histamine ke zat berbahaya ini dapat membuat tubuh mengalami peradangan atau yang disebut dengan inflamasi. Tetap jika tidak mempunyai alergi, histamine tidak dapat membedakan mana zat yang benar-benar berbahaya dan mana yang tidak. Hasilnya, bila tidak ada zat berbahaya, tubuh akan mengalami reaksi mengenal alergi. Obat Antihistamine akan menghentikan histamine untuk mempengaruhi sel tubuh mengeluarkan reaksi alergi.

Antihistamine ini terbagi menjadi 2 jenis, antara lain:

  1. Generasi pertama, jenis ini mempunyai efek yang menenangkan. Saat di minum terdapat efek samping yang umum dan dapat Anda rasakan seperti mengantuk, kontipasi, mulut kering dan gangguan berpikir,
  2. Generasi dua. Jenis Antihistamine generasi dua ini mempunyai efek penenang, saat diminum efek mengantuknya tidak akan seperti generasi pertama. Walaupun begitu Anda harus berhati-hati mengkonsumsinya bila sambil mengemudi. Antihistamine ini akan memiliki efek samping yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan generasi pertama.
Mana Antihistamine yang terbaik untuk kendalikan alergi? Jenis dari Antihistamine bisa mengatasi reaksi alergi dengan tepat asalkan sudah sesuai dengan alergi yang Anda miliki contohnya bila Anda mengalami alergi gatal di kulit. Anda dapat mengkonsumsi Antihistamine generasi yang pertama. Efek mengantuk pada generasi ini bisa digunakan untuk membuat tidur Anda menjadi lebih pulas, bila Anda bingung mana generasi Antihistamine yang cocok untuk Anda, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter atau pun apoteker.

Post a Comment

Previous Post Next Post