Kembang tahu mungkin di beberapa daerah tidak begitu banyak yang tahu. Namun di daerah kota besar seperti Jakata atau Bandung, banyak pedagang kembang tahu. Kemudian peminatnya juga banyak. Kembang tahu ini memiliki tekstur yang lembut sehingha enak ketika sedang panas dalam. Kembang tahu ini bisa dibuat dengan mudah dan enak di rumah. Kembang tahu juga bisa dibuat menjadi berbagai masakan yang enak. Sebagai campuran apapun juga enak. Ada juga kembang tahu yang original dengan rasa manis. Ada juga kembang tahu yang yang dibuat jadi sup dan sebagainya. Jika anda penasaran berikut berbagai cara membuat kembang tahu yang enak.

  1. Kembang Tahu Original


Ada dua bahan untuk membuat kembang tahu original ini. Ada kembang tahu untuk bahan utama dan bahan sirupnya. Bahan-bahan yang anda butuhkan untuk kembang tahu utama adalah tepung maizena 25 gram, air matang 55 ml, gdl food grade sebanyak 9 gram, air 1005 ml, kacang kedelai 255 gram dan daun pandan 2 lembar. Selanjutnya siapkan untuk bahan sirupya yaitu gula pasir 205 gram, gula merah 305 gram, air 755 ml, jahe digeprek sebanyak 205 gram dan daun pandan 2 lembar.

Cara membuat kembang tahu original ini adalah dengan mencuci bersih kacang kedelainya dan merendam hingga 4 jam lebih. Setelah direndam, anda remas kacang kedelainya dan pisahkan dengan kulitnya. Setelah itu blender kacang kedelainya dan anda saring dengan kain. Setelah itu masukkan ke dalam panci dan masukkan daun pandannya. Didihkan sambal diaduk dan setelah itu diamkan selama 15 menit kurang lebih. Siapkan wadah lain dan campurkan bahan seperti air, tepung maizena dang dl. Aduk-aduk hingga rata. Sekarang ambil adonan susu kedelai tadi dan saring kembal. Setelah itu masukkan ke dalam campuran gdl dan tutup hingga 25 menit.

Buat sirupnya sambal menunggu kembang tahunya jadi. Masukkan semua bahan tado ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Setelah itu ambil kembang tahunya dan sajikan dengan kuah sirup yang sudah matang tadi. Selagi hangat anda bisa langsung nikmati.

  1. Sup Kembang tahu


Seperti yang sudah disebutkan jika kembang tahu bisa dibuat menjadi sup juga. Enak sekali dijadikan campuran sup yang hangat. Anda tentu saja harus menyiapkan bahan-bahan seperti kembang tahu yang sudah jadi atau kemasan. Sayuran seperti wortel 1 buah, kol seperampat, kentang 1 buah, buncis secukupnya, jamur kumping sedikit saja dan juga kembang kol sedikit. Ada siapkan bumbu supnya yaitu bawang putih 4 siung, lada bulat 6 butir dan garam.

Anda ulek hingga halus lada, bawang putih dan garam. Sisihan dahulu dan selanjutnya semua sayuran dicuci dan dipotong ukuran sedang. Untuk buncisnya anda bisa [otong kecil-kecil. Jamur kupingnya juga dipotong menjadi ukuran sedang. Siapkan panci berisi air dan masukkan sayuran yang keras dahulu seperti kentang dan wortel. Setelah itu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Selanjutnya tambahkan sayuran lainnya dan kembang tahu kemasan. Aduk dan cicip, jika kurang gurih tambahkan penyedap rasa ayam atau sapi. Sajikan bersama mie bihun beras enak sekali.

Kembang tahu selain dibuat menjadi makanan berkuah, juga bisa dibuat menjadi tumisan atau gorengan. Anda bisa menumis dengan cabe atau dicampur dengan telur ayam.

Post a Comment

Previous Post Next Post